Laman

Minggu, 16 Juni 2013

Sepenggal tausiyyah Masyaikh (Syeikh Muhammad Husein Nawawi bin Yahya Asyafi'i)

MENGENAL HAWA NAFSU 

Sesungguhnya NAFSU bagian RUH yang tercipta sebelum jasad dijadikan bentuk manusia, dan Nafsu disini awalnya sangat tunduk kepada Allah sebelum mengenal jasadnya sendiri. Namun sewaktu semuanya maujud dengan kesempurnaan bentuk, perlahan-lahan nafsu mulai inkar atas panggilan Allah kepada mahkluknya.Padahal Allah tidak pernah melihat rupa dan amal manusia, tapi Allah, hanya mellihat keridhoan hamba atas segala kewajiban kepada Dzat yang menciptakan-Nya.Sungguh sangat beruntung bagi hamba yang bisa mensucikan nafsunya kejalan Allah, dan sungguh sangat tercela bagi hamba yang selalu mengotori nafsunya ke jalan kemaksiatan.Kitab Tanwirul Qulub menegaskan? Mengenal hawa nafsu bagian Fardhu Ain (Wajib) dan tanpa memahaminya, maka kita bagian orang-orang yang sangat merugi hingga di golongkan bagian ahli neraka? Sebab Al Qur'an mengatakan "Man Aroa Nafsah faqod Arofa Robbah" "Barang siapa yang memahami nafsunya sendiri (makna Ibadah) maka akan paham keagungan Allah"Sebab tanpa kita memahami makna nafsu, maka apapun gerakan tubuh kita lebih berakibat ke sifat maksiat. "Se alim-alimnya kita mengenal ilmu Allah,,,sekuat-kuatnya kita dalam beribadah, bila tanpa di dasari dengan bimbingan Mursyid, maka kekurangan kerap kita rasakan disetiap waktunya" Seperti contoh; Mulut kerap mengucapkan ucapan yang kurang baik, hati selalu panas dan ingin mencelakakan/merugikan orang lain, pikiran kurang bisa menerima adanya cobaan maupun hinaan dari sesama makhluk yang tercipta, akal tidak mau disalahkan bahkan ingin menjatuhkan martabat orang lain yang dianggap pernah menyakitinya "Padahal bila kita hidup penuh didikin Mursyid, maka Allah, akan melepaskan nafsu amarah Bissu' kita menuju jalan di Ridhoinya".

Tingkatan Nafsu terbagi menjadi 7 tahap; 

1- Nafsu Amarah Bissu'i. (Ibadahnya masih membawa kemaksiatan diri) amarah ini hanya tercipta bagi manusia Ghoirul Muslim (bukan golongan Islam) atau jauh dari Guru Mursyid, atau tidak adanya didikan karena jauh di hutan dan lain sebagainya. Ciri dari pemegang Amarah Bissu'...Hatinya masih kurang menerima adanya penghinaan orang lain dan membalas atau menjatuhkannya. Tidak mau disalahkan dan ingin selalu benar kata argumen akalnya sendiri, ingin di hormati kalayak luas dan merasa dirinya paling benar dibandingkan orang lain. Merasa lebih tinggi ilmu dan pemahamannya, hatinya penuh takabbur, Riya, dan menuntun ke sifat menjatuhkan orang lain. Merasa paling alim sehingga anak buahnya harus tunduk dan apa kata ucapannya..........Padahal nafsu ini tercipta bukan untuk golongan Muslim/mat....tapi mengapa kita sebagai orang Muslim,,,malah melestarikan nafsu semacam ini setiap waktu?......."Barang siapa yang mengikuti segala ajakan orang yang mempunyai peranana semacam ini,,,maka mereka tidak akan bisa kedapatan magfiroh dari Allah SWT,,,,,Apalagi yang mempunyai sifat semacam ini bagian orang yang dipercaya kalayak luas. seperti (Ajengan, Eyang Guru, Ustad, Kyai dan sebagainya) Maka kita wajib menjauhinya dan haram ikut segala ucapannya...Sebab orang yang mengaku Ajengan atau panutan, bukan mereka bersifat GHOIRUL MUSLIM.....(mempunyai sifat bukan orang Islam)  
2- Nafsu Lawwamah. (Nafsu yang mencela dirinya sendiri) Nafsu ini kerap dilakukan oleh sebagian manusia untuk dianggap benar. Contoh....sewaktu kita salah atas perbuatannya, maka dia mencari teman lain untuk membalikkan fakta sehingga seolah dia benar dimata kerabatnya..Padahal Allah, lebih mengetahui segala apa yang dilakukannya...Namun nafsu ini lebih kuat berfikir ke arah manusia lain sehingga tidak pernah merasa takut atas azab Allah, melainkan merasa nyaman sewaktu membelokkan kesalahannya ke teman lain agar mereka mau percaya.
Orang yang mempunyai nafsu semacam ini disebut PEMBOHONG.....Sebab Allah, tidak akan melebihkan rejekinya melainkan dari jalan menipu atau mencari kelemahan orang lain untuk pribadi (Sifatnya terbawa Mudillun/ajakan setan).....

3- Nafsu Muthmainnah. (Nafsu yang baik atau sudah bisa menjalankan makna ubudiyyah secara istikomah) Orang yang mempunyai nafsu semacam ini bagian dari ketundukkan hamba menuju ridhonya Allah SWT. Ciri dari orang yang mempunyai nasfu Muthmainnah.....Menjauhi segala larangan Allah, hatinya takut akan dosa,,,segala tingkah lakunya selalu dipikirkan agar tidak merugikan orang lain,,,ucapannya tidak pernah berbohong,,,dan semua sifat serta peranannya selalu dijadikan contoh orang lain....

4- Nafsu Mulhammah. (Jiwa dan bathinnya selalu tercurah untuk memahami keagungan ilmu Allah, dan menjalankannya) Golongan ini hatinya sangat baik dan tidak mau menyusahkan orang lain apalagi mau menipunya...SEgala sifat dan peranana yang dilakukannya sudah memenuhi hukum yang ada, dan golongan ini akhlaknya sangat mulia...hatinya selalu mengejar ketinggal beribadah, dan pikirannya penuh Husnuddzon kepada Allah (beranggapan baik)

5- Nafsu Rodiyyah. (Nafsu yang Ridho atas segala pemberian Allah) Golongan ini selalu mengedepankan makna maslahat dan tidak pernah merasa dirinya terhina, bahkan nafsu ini terus mendorong dirinya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga nikmat dan Madhorot yang diberikan Allah kepadanya,,semua dianggapnya nikmat dan permulaan derajat (bila nikmat bisa mensyukirinya dan bila cobaan, dia akan berfikir semua ini bagian dari salah kita dihadapan Allah)

6- Nafsu mardiyyah. (Ridhonya kita kepada Allah, hingga Allah ridho pula kepada kita) Tahapan nafsu ini sudah dikatakan kekasih Allah, dan sudah sah dikatakan GURU atau Mursyid...Adapun orang yang masih punya nafsu sebawahnya belum boleh dikatakan seorang Guru, atau ahli Thorekoh dan lain sebagainya...Sebab Nafsu ini bagian dari sifat keagungan hamba atas didikan Mursyid untuk selalu bertaqorrub kepada Dzat yang wajib disembah....

7- Nafsu Kamilah. (Nafsu yang ingin selalu mendapatkan kesempurnaan dihadapan Allah SWT) Golongan ini disebut Mursyid Kamil Mukammil....Hatinya tidak pernah terbesit apapun juga selain keridhoan Allah SWT. Kelebihan nafsu ini..."Sewaktu kita salah dalam sifat atau tingkah laku,,maka Allah, langsung menegurnya lewat para Nabi, Wali dan kekasih-Nya untuk memberitahukannya"
Seiring ketidak mampuan kita dalam menapaki nafsu Muthmainnah apalagi nafsu seatasnya, sebab kita bagian Insan Dhoif, maka Rosululloh ber amanat kepada istrinya Siti Aisyah RA. Yang mana amanat ini ditujukkan kepada kita semua yang penuh kealpaan diri dan belum bisa menjalankan makna takwa secara benar.

Rosululloh berwasiat kepada Siti Aisyah RA. "Wahai Siti Aisyah...Jangan engkau tidur sebelum melakukan 4 perkara;

1- Sebelum tidur wajib menghatamkan Al Qur'an.
2- Sebelum dapat ridho dari para Nabi yang memberi Syafaat di yaumul Qiamah.
3- Sebelum kedapatan ridho dari Kaum Muslimin dan Muslimat
4- Sebelum menjalankan Haji dan Umroh...
Lalu setelah itu Rosululloh meninggalkannya dan langsung menjalankan sholat malam...

Betapa bingungnya Siti Aisyah hingga beliau terdiam setelah Rosululloh meninggalkannya. Lalu Siti Aisyah, mendatangi tempat Rosululloh dan menunggunya hingga beliau salam. "Ya Rosululloh,saya tidak mampu menjalankan apa yang barusan engkau ucapakan?" Rosululloh tersenyum setelah mendengar ucapan istrinya. "Wahai Siti Aisyah. Yang dimaksud 4 perkara tadi adalah? Sebelum engkau tidur 
1- bacalah surat Al Ihlas 3x,,sama pahalanya dengan menghatamkan Al Qur'an. 
2- Membaca solawat kepadaku dan Nabi lainnya "Allohumma Solli 'Ala Saiyyidina Muhammad, Wa "ala ali saiyyidina Muhammad, Wa'ala Jami'il Ambiyai wal Mursalin, fi kulli lamhatin wanafasin bi'adadi ma'lumilak" sama pahalanya dengan kedapatan Syafaat dariku dan para Nabi lainnya di yaumul Qiamah nanti. 
3- Membaca Istigfar untuk ditujukkan kepada Jami'il Muslimin wal Muslimat, sama halnya kedapatan ridho dari seluruh kaum muslim dan muslimat. 
4- Membaca tasbih "Subhanalloh wal hamdu lillah wala ilaha illalloh Allohu Akbar. Sama pahalanya dengan melaksanakan Haji dan Umroh.

untuk lebih jelasnya mari kita dengarkan tausiyyah beliau klik disini
 
di ambil dari akun facebook H. Idris Nawawi. Tja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar